Membaca merupakan sebuah hobi yang bisa dilakukan di mana saja. Namun, bukan berarti kamu mengesampingkan faktor kenyamanan. Ciptakan kenyamanan lebih saat membaca di rumah dengan mendekorasi sebuah sudut ruangan menjadi pojok baca yang lucu. Menariknya, ada beberapa ide desain pojok baca yang bisa kamu coba di rumah. Kamu bisa mulai dari memilih perabotan, warna dinding, jenis rak buku, hingga penataan ruangnya. Lantas, seperti apakah desain pojok baca favorit kamu? 

1. Split level sebagai area pojok baca

Split level adalah istilah dalam arsitektur yang digunakan pada bangunan ketika meninggikan bagian lantai tertentu. Sehingga ketinggiannya setengah di antara lantai dan langit-langit. Belakangan, istilah ini sering juga digunakan untuk menggambarkan adanya perbedaan ketinggian lantai walau hanya beberapa puluh sentimeter. Kamu bisa meninggikan lantai rumah sekitar 20-30 sentimeter untuk desain pojok baca. Selain memberi kesan nyaman dan privat, bentuk ruang rumahmu dapat terlihat lebih lucu dan dinamis.

2. Menggunakan rak buku minimalis

Mendesain pojok baca tidak harus mewah dan menghabiskan banyak ruang. Kamu bisa menggunakan perabot minimalis seperti rak hitam model melayang yang ditempel bersusun di dinding rumah. Tambahkan beberapa furnitur dengan warna yang lembut dan cerah agar desain pojok baca kamu terkesan lebih lega.

3. Pojok baca semi outdoor

Menyenangkan bukan, membaca sambil menghirup udara segar? Beraktivitas di ruang terbuka dipercaya dapat memberikan kesehatan mental dan menyegarkan pikiran. Manfaatkan teras belakang rumah untuk ruang pojok baca. Jangan lupa sediakan lemari buku menempel di dinding yang dapat mempertegas desain ruang baca. Sekarang, kamu bebas berimajinasi sambil menikmati alam.

4. Sudut baca menghadap jendela

Advertisement

Berimajinasi dengan novel-novel fiksi membuat kamu terlelap dalam lamunan. Berangan-angan sambil melihat pemandangan dari jendela memberikan kesan nyaman. Gunakan pojok kamar atau bagian ruang keluarga yang dekat jendela menjadi pojok baca. Tambahkan bantal, selimut, dan boneka lucu kesayanganmu untuk menemani aktivitas membaca.

5. Rak buku melayang

Sudah pernah menggunakan perabot melayang? Rak buku merupakan elemen penting untuk menyimpan koleksi buku-buku kesayangan. Dekorasi perabot tentunya akan memberikan makna dalam desain. Kamu bisa mencoba rak buku melayang berdesain multifungsi untuk menciptakan sudut baca serbaguna. Kini kamu punya ruang khusus yang menunjang aktivitas membaca maupun mengerjakan tugas.

6. Bantal dan sofa berwarna cerah

Memenuhi ruangan dengan dekorasi warna pastel ternyata membuat desain terlihat manis dan lucu. Hadirkan berbagai warna dan corak dalam gradasi pastel yang serupa pada bantal dan perabotan lainnya. Nikmati nuansa hangat yang menunjang kenyamanan membaca secara maksimal.

7. Kamar loteng sebagai pojok baca

Hampir setiap rumah memiliki ruang yang terkadang tidak dipergunakan dengan maksimal. Contohnya, gudang yang memanfaatkan loteng atau bagian kosong di bagian atas. Daripada loteng hanya sebagai sarang tikus, lebih baik menjadikannya ruang pribadimu. Dekorasi berwarana oranye merupakan alternatif yang pas untuk desain pojok baca yang terang dan antisuram.

8. Pojok baca bergaya mid-century

Desain mid-century modern merupakan gaya dalam desain interior yang muncul pada periode sekitar dua setengah dekade di pertengahan abad ke-20. Yakni dari pertengahan 1940-an sampai 1970-an. Desain mid-century modern menekankan pada hal-hal yang sederhana dan tidak rumit. Konsep estetika segar yang muncul dari keinginan untuk mendorong era pasca perang Amerika menuju ke era modern. Berfokus pada desain perombakan melalui gaya baru yang berani. Seperti dinding dan perabot yang berwarna abu-abu ditambahkan sentuhan tanaman hijau serta tambahan lukisan warna-warni yang menonjol.

9. Old but gold

Saat ini, perkembangan desain kerap mengusung kembali trend 70-an. Oranye gelap menjadi salah satu warna interior andalan pada era tersebut. Perpaduan warna cerah dengan dekorasi dinding berpola semakin menguatkan nuansa masa lampau. Kombinasikan konsep lawas ini dengan furnitur eklektik untuk menghasilkan konsep modern yang anti mati gaya.

Pilihan warna dan motif baiknya mengutamakan preferensi pribadi kamu. Karena pada akhirnya kenyamanan akan tercipta dari desain yang sesuai selera personal. Ciptakan pojok baca yang “kamu banget” dengan mengandalkan kreativitasmu ditambah referensi seperti tips di atas. Rasakan perubahannya dan siapkan daftar buku baru yang akan kamu baca berikutnya.

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca rumahmurah.com, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here