Semenjak kemunculannya, tuh, desain rumah minimalis telah menjadi tren tersendiri dan selalu menjadi idaman banyak orang. Bukan hanya untuk eksteriornya saja, saat ini semakin banyak yang memasukka desain tersebut ke interior hingga pemilihan furnitur.

Nah, khusus bagian interior dari rumah minimalis, kebanyakan orang memfokuskan pada desain ruang tamunya. Terkesan rapi dan simpel, namun tetap memiliki nilai estetik tersendiri.

Intinya memang desain ruang tamu minimalis selalu menarik untuk dilihat!

13 inspirasi Ruang Tamu Minimalis

Mencari inspirasi ruang tamu untuk rumah kamu? rumahmurah.com punya beberapa rekomendasi desain ruang tamu minimalis yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Berbagai desain ini bukan cuma menarik untuk dilihat, ya, namun secara keseluruhan desain ini juga fungsional dan bermanfaat untuk mengoptimalkan seluruh ruang dalam ruangan. Yuk, simak!

1. Hemat daya pencahayaan dengan jendela besar

ruang tamu berjendela besar
Source: Homedesigning

Ruang tamu minimalis dengan jendela yang besar dapat memberikan kualitas cahaya terbaik di dalam ruangan.  

Keuntungan menggunakan jendela yang besar yaitu dapat menghemat daya yang dikeluarkan untuk pencahayaan. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu sepanjang hari.

2. Ruang tamu sebagai ruang keluarga

ruang tamu sebagai tempat berkumpul
Source: Homedesigning

Pada desain ruang tamu minimalis, tuh, bukan hanya berfungsi untuk menyambut kedatangan tamu. Ruang tamu juga bisa kamu fungsikan sebagai tempat berkumpul atau ”jantung’ sebuah rumah.

Sebagai jantung rumah maka ruang tamu dapat menjadi pusat berbagai kegiatan para penghuni rumah. Kamu bisa menyediakan karpet, meja, dan cushion yang nyaman untuk berbagai kegiatan keluarga dan acara berkumpul bersama.

Desain multifungi ruang tami ini bikin kamu menghemat ruangan di rumah. Sangat cocok, deh, apabila kamu tinggal di rumah berukuran kecil ataupun apartemen.

3. Jendela besar solusi sirkulasi udara yang baik

jendela besar untuk sirkulasi udara
Source: Homedesign

Selain segi pencahayaan, jendela besar pada desain ruang tamu minimalis juga berdampak pada sirkulasi udara yang baik.

Jendela yang besar dapat mendukung proses pertukaran udara dari luar dan dalam seperti AC alami. Sirkulasi udara yang baik juga akan memengaruhi suhu di dalam ruangan.

Desain seperti ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah di Jakarta, tuh. Alasannya? Selain menyejukan udara juga dijamin menghemat energi.

Di Jakarta sendiri sudah sangat umum bagi masyarakat untuk menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan. Yap, mengingat kondisi iklimnya cukup panas. Namun, penggunaan yang terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan, kan.

4. Maksimalkan ruangan

memaksimalkan ruang kosong
Source: Homedesigning

Desain ruang tamu minimalis dapat sangat fungsional jika kamu memaksimalkan ruang kosong yang tersisa di dalam rumah.

Hal ini bisa jadi solusi untuk rumah kecil yang praktis dan rapi. Kamu pun bisa menggunakan sistem ruangan dan rak-rak tersembunyi seperti ini.

5. Pilihan warna putih terkesan lapang

warna putih untuk ruang tamu
Source: Homedesign

Salah satu syarat ruangan minimalis adalah pemilihan warna cat dinding yang tidak merepotkan. Kamu cukup memilih berbagai warna netral seperti putih atau hitam untuk memberikan kesan simpel.

Bagi kamu yang memiliki ruang atau rumah ukuran kecil, nih, coba pilih warna putih untuk memberi kesan luas pada ruangan.

BACA JUGA: 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menata Ruang Tamu | Jangan Sepelekan!

6. Material kayu untuk suasana yang nyaman

Source: Homedesign

Menggunakan material kayu pada setiap elemen interior, mulai dari lantai plywood, dinding, hingga furnitur dapat memberikan kesan ruangan yang alami dan lembut.

Kamu bisa memilih warna dan pola kayu yang halus agar tetap memberikan suasana minimalis dan simpel pada ruang tamu.

7. Sirkulasi udara semakin baik dengan langit-langit yang tinggi

langit-langit ruang tamu tinggi
Source: Homedesign

Saat ini rumah dengan langit-langit yang tinggi sepertinya sedang digemari banyak orang. Desain double height ceiling yang biasanya biasanya berkisar 7 – 8 meter ini secara fungsional sangat membantu perputaran udara di dalam rumah.

Desain ini dapat digunakan untuk rumah satu lantai ataupun lebih, bahkan juga cocok bagi rumah berukuran kecil.

8. Sekat dinding masih bisa dimanfaatkan

sekat dinding untuk ruang tamu minimalis
Source: Homedesgin

Kamu bisa memanfaatkan rak dinding sebagai sekat seperti  foto ini. Selain membatasi ruangan, sekat sekaligus berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang yang rapi.

Kamu bisa menggunakannya sebagai tempat buku, bingkai foto, atau berbagai koleksimu. Selain rapi, nih, kamu akan mendapatkan ruang tamu yang terasa nyaman dan lapang karena terlihat tidak banyak barang, hehehe.

9. Jendela yang memiliki pemandangan cantik memperkuat visual

jendela dengan pemandangan cantik
Source: Homedesign

Buat kamu yang tinggal di rumah dengan pemandangan indah, maksimalkanlah pemandangan tersebut dengan meletakkan sofa atau meja makan menghadap ke arah jendela atau paling tidak berada persis di sebelah kamu.

Jendela yang besar akan memanjakan visualmu serta memberikan latar belakang yang indah pada ruang tamu minimalis.

10. Cahaya dan udara segar dari teras

udara segar dari teras
Source: Homedesign

Jika kamu memiliki teras di belakang rumah dengan tanaman hijau dan ruangan terbuka. Kamu bisa membuat ruang tamu ‘terbuka’ untuk manfaatkan area tersebut dengan baik.

Kamu bisa menggunakan sliding door aluminium agar sirkulasi udara segar bisa berputar di dalam rumah serta bisa mengurangi penggunaan lampu.

11. Built in furniture untuk ruangan yang lebih luas

Source: Homedesign

Mengoptimalkan fungsi ruangan merupakan inti dari desain ruangan minimalis yang sebenarnya. Pada ruang tamu, tuh, kamu bisa memanfaatkan built-in furniture yang dirancang custom seperti kabinet TV pada foto di atas.

Desain kabinet TV yang memenuhi seluruh dinding seperti ini dapat memberikan kesan ruangan luas. Kamu bisa memilih warna terang pada dinding di sekitarnya untuk menambah kesan lapang pada ruangan.

12. Tanpa dipoles material beton memberikan kesan natural

Ruang tamu minimalis

Menggunakan dinding beton yang terekspos dan tidak dicat lalu dikombinasikan dengan berbagai furnitur kayu dapat memberikan kesan tenang dan relaksasi.

Ruang tamu seperti ini juga memanjakan mata karena serbanatural dan tidak banyak perabot.

13. Semakin sedikit sekat semakin minimalis

ruang tamu tanpa sekat
Source: Homedesign

Membuat ruangan tanpa sekat di dalam rumah seperti ini merupakan salah satu desain rumah minimalis terbaik.

Dengan pemilihan furnitur tepat, nih, rumah tidak akan terasa berantakan dan justru terkesan sangat luas.

Seperti pada desain di foto di atas, kan, terlihat ruang tamu dan ruang makan yang berada di satu ruangan, sementara ruang kerja hanya dibatasi oleh kaca/sliding door. Praktis!


Itulah berbagai desain ruang tamu minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk ruang tamu impianmu.

Ruang tamu sendiri merupakan wajah dari sang pemilik rumah. Di mana semakin terlihat bagus ruang tamunya, maka impresi orang terhadap sang pemilik rumah juga semakin baik.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan desain minimalis sekarang?

BACA JUGA: 5 Tips Bikin Ruang Tamu Lesehan yang Nyaman dan Pewe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here