Dinding yang baru dicat memang terlihat lebih bagus dan bersih, namun biasanya akan meninggalkan bau yang bikin pusing. Bahkan, menurut penelitian kandungan bahan kimia cat yang menguap bisa memicu penyakit serius seperti gangguan pada hati, ginjal, hingga kanker. Apalagi kalau kamu pakai cat minyak yang pekat dan perlu diencerkan. Soalnya, cat tipe ini biasanya akan meninggalkan bau yang cukup lama hilangnya.

Nah, biar kamu nggak pusing waktu berada di ruangan yang baru dicat, mending minimalisir baunya dengan cara berikut. Demi kesehatanmu juga, lo!

1. Buka semua pintu dan jendela ketika sedang mengecat ruangan

buka pintu dan jendela via www.diynetwork.com

Kalau semuanya terbuka, sirkulasi udara dalam ruangan jadi lebih lancar dan aroma cat nggak akan menyebar ke ruangan lagi. Setelah selesai mengecat, nyalakan kipas angin untuk mengusir baunya. Jangan nyalakan AC dulu, karena malah bikin udara berputar di dalam ruangan.

2. Netralisir bau cat menggunakan bawang bombai atau bawang putih

pakai bawang bombai atau bawang putih via www.freepik.es

Dua jenis bawang ini memiliki bau khas yang bisa membuat aroma cat di ruangan menghilang. Bukan diusap-usap ke tembok yang baru dicat, tapi taruh saja dua jenis bawang di area yang berangin, misalnya dekat jendela atau gantung di kipas angin.

3. Kalau mau lebih praktis, tempatkan saja arang di ruangan yang baru dicat

letakkan arang via www.thecatdish.com

Arang memiliki rongga yang bisa menyerap bau zat kimia dari cat. Selain efektif, trik pakai arang pun tergolong mudah. Cukup diamkan semalaman dan keesokan harinya bau cat akan hilang.

4. Selain menghilangkan noda di baju, cuka putih juga bisa mengurangi bau cat

cuka putih via www.almanac.com

Advertisement

Siapkan wadah yang sudah berisi cuka putih, kemudian letakkan di ruangan yang baru dicat. Diamkan semalaman hingga bau cat berkurang. Biar lebih efektif, buka jendela dan ventilasinya, ya!

5. Bahan lain yang bisa dipakai untuk menyerap cat ialah kopi bubuk

bubuk kopi via lbb.in

Tapi baiknya gunakan kopi hitam yang memiliki aroma kuat agar lebih mempan. Caranya, tempatkan kopi bubuk dalam sebuah wadah kemudian taruh di tengah ruangan. Tutup ruangan rapat-rapat tanpa menyalakan pendingin, kemudian biarkan semalaman.

6. Memberi beberapa tetes esens vanili pada cat juga bisa membuat baunya berkurang

tambah esens vanili via www.hgtv.com

Aroma harum esens vanili bisa menetralisir bau cat yang menyengat. Jangan khawatir, ini nggak akan mempengaruhi kualitas cat tembok yang kamu pakai kok.

7. Nggak punya bahan-bahan di atas? Pakai garam dapur saja~

air garam via doktersehat.com

Cairkan garam dapur dengan air hangat, kemudian taruh di ruangan yang baru saja dicat. Kalau mau lebih maksimal, tambahkan cairan pewangi cucian ke larutan garam dapur. Pilih cairan pewangi yang nggak terlalu menyengat, supaya baunya nggak makin bikin pusing.

Pastikan juga kamu memiliki ventilasi yang memadai agar ruangan nggak terlalu pengap setelah dicat. Jika bau cat belum hilang, mending jangan pakai ruangan dulu, apalagi untuk tidur. Selain ganggu pernapasan, ini juga berbahaya apalagi untuk ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here