rumahmurah.com-Pemerintah telah umumkan nama pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) pada senin lalu (23/12/2019). Ada 5 Kategori pemenang, yaitu Pemenang Terbaik ke-I, ke-II, dan ke-III, serta Pemenang Harapan ke I dan ke-II. 

Pemenang desain Ibu Kota Negara (IKN) telah diumumkan pada Senin (23/12/2019). Kategori pemenang, yaitu Pemenang  Terbaik ke-I, ke-II, dan ke-III, serta Pemenang Harapan ke I dan ke-II. Pemerintah juga telah mengantongi nama pemenang sayembara IKN tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan sebelum pengumuman pemenang hari ini, kelima karya tersebut telah dipresentasikan dihadapan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada Jumat, 20 Desember 2019 lalu. Direspon dengan apresiasi positif dari Bapak Presiden. 

Basoeki melanjutkan proses yang baru saja tuntas adalah sebuah sayembara pada tingkat gagasan. Selanjutnya masih ada yang harus ditindaklanjuti menjadi suatu desain kawasan yang representatif untuk sebuah IKN  yang baru. Untuk itu lanjutnya ada beberapa rencana aksi yang memerlukan dukungan dari semua pihak.

“Diantaranya proses pelaksanaan sinergi desain untuk penajaman dan pendalaman urban design, khususnya pada Kawasan Inti Pusat  Pemerintahan (KIPP) dengan luasan 4.000-6.000 hektare, dan ditargetkan akan selesai pada  Semester I/2020,” jelasnya Senin (23/12/2019).

Selain itu menurutnya, sinergi desain kawasan IKN akan dilakukan dengan menggabungkan ide-ide terbaik  pada Karya Terbaik I, II, dan III. Untuk kualitas urban design IKN yang lebih  paripurna, pihaknya juga akan segera mengundang ahli-ahli terkait di tingkat  nasional. Namun, jika diperlukan bisa dari ahli tingkat internasional. Hal ini baik yang akan ikut berperan  langsung dalam perancangan, maupun sebagai penasehat atau reviewer

“Kepada 3 (tiga) pemenang tersebut, saya minta kita semua dapat bersikap terbuka (open minded) dan kolaboratif atas berbagai pengayaan materi dengan menggunakan dasar Karya Terbaik ke-I yang tujuan utamanya untuk karya urban design IKN yang sebaik-baiknya,”imbuhnya.

Selanjutnya, pada Januari 2020 pihaknya akan akan mengajak 3 (tiga) Pemenang Terbaik  untuk survey lokasi IKN. Ini dilakukan agar mereka mendapatkan sense of place yang dimulai dari titik pusat kawasan KIPP-IKN.

“Kepada 3 (tiga) Pemenang Terbaik, saya minta untuk mulai melakukan pembahasan awal integrasi urban design, dibawah koordinasi Kementerian PUPR melalui Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR,” tekannya.

Adapun selama proses sayembara berlangsung, Kementerian PUPR mencatat bahwa ada 752 peserta yang telah mendaftar. Dari 292 peserta yang kemudian memasukkan karyanya, ternyata hanya 255 peserta lolos evaluasi administrasi. Selanjutnya, ada 30 peserta yang berhasil masuk  kategori 30 (tiga puluh) karya unggulan hingga akhirnya diseleksi dengan ketat pada babak  akhir menjadi 5 (lima) karya terbaik.

Ingin menyewa rumah? Sebelum ambil keputusan, baca dulu tipsnya di sini

Basoeki mengharapkan, banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi akan meningkatkan legitimasi hasil sayembara. Mengali dari seluruh potensi kekayaan intelektual dan keragaman urban design di Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa konsep ibu kota nantinya sebagai kota masa depan yang cerdas, modern, dan berstandar internasional yang disebut smart metropolis.

Basuki Hadimuljono mengatakan konsep itu dirasa lebih menarik minat masyarakat ketimbang forest city.

“Kalau forest city itu kota dalam hutan nanti malah banyak yang nggak mau pindah,”

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi. 

Hanya rumahmurah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here