Artikel

Tanaman ini sangat cocok untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah, Kira-kira tanaman apa ya...

dekorasirumah
rumah
rumahsehat

Tue, 2017-09-19

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa kualitas udara yang buruk di dalam rumah diduga menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular dan kematian di negara-negara berkembang. Untuk itu sangatlah penting untuk menjaga Sirkulasi udara dalam rumah. Selain ventilasi udara Tahukan kamu bahwa tanaman lidah mertua atau biasa yang disebut nama latin Sansevieria juga berfungsi untuk membersihkan udara. Cara pohon ini menjaga kualitas udara dalam rumah adalah dengan menyerap racun melalui daunnya dan memproduksi oksigen. Tanaman ini selain bisa melepaskan karbon dioksida pada malam hari ternyata tanaman ini juga mampu memproduksi oksigen, bukan hanya sampai disitu ternyata ada banyak manfaat yang bisa diambil dari meletakkan tanaman ini di ruangan, diantaranya :

  1. Mengurangi Sick Building Syndrome 

Sick Building Syndrome (SBS) adalah situasi dimana penghuni suatu gedung (bangunan) mengeluhkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan periode yang dihabiskan selama tinggal di bangunan tersebut. Gejala SBS tidak spesifik, biasanya gejalanya cenderung seperti flu. SBS didefinisikan pula sebagai keluhan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kualitas udara dalam lingkungan dari penghuni ruangan ber-AC. Biasanya hal ini sering terjadi pada pekerja kantoran, dimana mereka selalu bekerja dalam ruangan tertutup dan ber-AC selama minimal 8 jam. Dengan menempatkan Tanaman Lidah Mertua di ruangan seperti ini,maka zat-zat yang tidak bermanfaat dalam ruangan yang merugikan kesehatan kita, dapat dikurangi.

  1. Menetralkan Racun Nikotin 

Dirumah atau di ruang kantor masih ada yang merokok ? jika Iya maka jangan ragu untuk meletakkan tanaman ini di ruangan tersebut. Pasalnya tanaman lidah mertua ternyata bisa menetralisir asap tembakau yang mengandung racun nikotin dalam rokok, sehingga udara di dalam ruangan tetap terjaga.

  1. Menyerap Radiasi 

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita dikelilingi oleh berbagai radiasi. Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dimana pun dan kapanpun seperti di kantor, di lapangan, di rumah, di pasar dan ditempat lainnya, ternyata selalu memiliki kandungan radiasi. Radiasi yang ada di sekitar kita ini dihasilkan oleh berbagai sumber energi seperti Listrik, peralatan elektronik, panas, cahaya dan berbagai gelombang elektromagnetik merupakan sumber radiasi yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Dalam beberapa penelitian ternyata bahan aktif pregnan glikosida dalam tanaman lidah mertua mampu menyerap 107 unsur yang terkandung dalam polusi udara. Maka tidak salah jika kita dianjurkan untuk meletakkan tanaman ini ke dalam ruangan kita.

  1. Mudah diurus 

Lidah Mertua ini sangat mudah diurus! Jadi Jangan khawatir bila kamu lupa menyiramnya atau jika ada keperluan yang mengharuskan pergi beberapa hari ke luar kota. Justru tanaman Lidah Mertua ini tidak boleh sering disiram, Bila kamu sering menyiramnya, Lidah Mertua akan cepat membusuk dan mati. Waktu menyiram tanaman ini hanya jika tanahnya terlihat kering. Bagi kamu para newbie, tanaman Lidah Mertua ini sangat ideal bukan untuk dipelihara?